Etika digital bekal personal Branding di Medsos

 Hallo sahabat Yanti… 

Kali ini kita ngemil ilmu variasi ya. Saya mau berbagi ilmu tentang Etika digital bekal personal Branding di Medsos. Tentunya ilmu ini sangat penting sekali. Terutama untuk  saya. Materi ini saya dapat kan dari go live hutan kupu-kupu oleh Karinta utami. Sumber tersebut beliau dapat dari modul kominfo tahun 2021

Apa sih Networking etiket ? 

Networking etiket adalah tatakrama yang digunakan ketika berdigital. 

Ketika kita berdigital kita berhubungan dengan orang lain, layaknya kita bercengkrama dengan orang lain. Ketika kita berhubungan dengan orang lain maka ada aturannya, ada tatakramanya. Sama halnya di digital juga ada tatakramanya untuk berhubungan dengan orang lain. 

Urgensi etika networking ini disebutkan antara lain : 1. Dalam networking harus butuh aturan 

Aturan-aturan yang berlaku harus ditaati oleh pengguna digital agar tercipta kedamaian dan informasi yang dapat dipercaya. 

2. Ruang digital tidak terbatas pada ruang dan waktu

Dalam berdigital tidak ada batasan dalam mengakses informasi maka diperlukan aturan yang dapat membatasi dalam penggunaan digital. 

3. Tanggung jawab

Sebagai pemberi informasi pada hakikatnya harus dapat mempertanggungjawabkan semua informasi yang dibagikan. Hal tersebut dapat memberikan kepercayaan pada informasi yang diberikan dengan mencantumkan sumber informasi yang didapatnya. 

4. Sebagai bekal untuk mendidik anak

Anak jaman digital merupakan anak yang tak lepas dari digitalisasi. Mereka harus bergelut dengan digital dalam aktivitas kesehariaannya, maka kita sebagai orang tua harus membimbing dan mengarahkan agar bijak dalam penggunaan digital. 

Etika digital digunakan oleh person to person communication. Komunikasi antara seseorang dengan seseorang dalam digital. Dan yang lain yaitu sebagai one to money communication. Tidak dipungkiri dunia digital dapat dijadikan sebagai ladang untuk mendapatkan cuan. Salah satu alternatif memanfaatkan dunia digital sebagai digital marketing untuk memasarkan usahanya. 

Ada beberapa ruang lingkup etika digital yaitu : 

  1. Kesadaran / mindfull

Ketika mengakses / membagikan informasi maka diperlukan kesadaran yang penuh. Maka hindari keadaan badan belum sadar penuh, seperti baru bangun tidur, keadaan tertekan dll.

  1. Integritas (jujur, tidak plagiat)

Dalam membagikan informasi harua jujur dan tidak menjiplak informasi dari ciptaan orang lain. apabila menuliskan tulisan maka harus mencantumkan penulisnya atau sumbernya. Hal ini sebagai bentuk penghargaan untuk seseorang yang menciptakan

  1. Kebajikan (kemanusiaan)

dalam membagikan informasi kita juga harus memperhatikan tentang informasi yang bijak dan dapat dipertanggungjawabkan

  1. Tanggung jawab

Dalam membagikan informasi kita juga harus bertanggungjawab tentang informasi yang kita share. Karena informasi yang sudah dishare maka akan terekam jejaknya sekalipun sudah dihapus. 


Demikian cemilan ilmu yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pojok Rumah

If I'm Leader

Baby massage